Kamis, 11 Februari 2010

TAKDIR

Ada pepatah bijak yang mengatakan bahwa "Ujung usaha adalah takdir." Apakah anda percaya dengan ungkapan tersebut? Percaya atau tidak disetiap usaha yang kita lakukan pasti membuahkan hasil. Baik itu hasil yang kita inginkan maupun hasil yang tidak kita inginkan. Yang jelas dengan berusaha, berupaya dan berikhtiar kita pasti akan memperoleh hasil. Hasil akhir itulah Takdir Kita.

Tuhan telah menentukan apa - apa yang telah Dia tentukan. Jauh sebelum alam semesta ini ada. Bahkan jauh sebelum segala sesuatu itu ada. Itu semua telah tertulis di sebuah kitab yang bernama Lauh Mahfudz. Dan ini adalah rahasia Tuhan yang tidak perlu kita ketahui. Yang mesti kita ketahui -- dan menjadi tugas kita -- adalah berusaha dan berupaya menjadi lebih baik dari hari ke hari. Terlepas dari masalah takdir atau garis nasib, urusan kita -- sekali lagi -- hanyalah berusaha, berupaya untuk merubah hidup dan meraih kesuksesan. Berhasil atau tidak itu bukan soal. Sepanjang kita maju, bergerak, dan berupaya tentu takdir kita akan berubah.

Misal, jika anda sekarang dalam kondisi miskin dan serba kekurangan dan ingin merubah kondisi tersebut agar menjadi kaya. Maka mau tidak mau, suka tidak suka, rela tidak rela anda WAJIB berusaha sekuat tenaga bekerja keras, cerdas, berkualitas, ikhlas, tuntas agar kaya itu bukan hanya mimpi tapi merupakan kenyataan. Bila anda tidak bergerak dan bertindak maka jangan harap kondisi yang sekarang miskin akan pernah berubah.

Contoh lain, ketika sekarang anda nganggur dan ingin memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang memadai, tidak ada jalan lain kecuali anda HARUS BERBUAT SESUATU. Tidak hanya berpangku tangan menunggu keadaan berubah dengan sendirinya. Anda harus mencari lowongan pekerjaan, mengirim surat lamaran, meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan dan sebagainya dan sebagainya sampai anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Inilah hakikat makna dari firman Tuhan dalam ayat suci bahwa "Tuhan tidak akan merubah keadaan seseorang sebelum seseorang itu merubah keadaan dirinya sendiri."

Hal ini sejalan dengan apa yang dibahasakan oleh Tung Desem Waringin, Pelatih Sukses No. 1 Indonesia "Don't wait for things to happen, make things happen. No action = Nothing happen, Take action = Miracle happen." Jangan hanya menunggu hingga sesuatu itu terjadi, tetapi buatlah sesuatu itu terjadi. Tanpa tindakan, tidak ada yang terjadi. Bertindaklah maka keajaiban akan terjadi.
Inilah inti dari Upaya = Pengubah Takdir.

Tidak ada komentar: